Petani di Kuningan Tetap Mendapat Edukasi dan Sosialisasi Pencegahan Pandemi Covid-19

Advertisement

Petani di Kuningan Tetap Mendapat Edukasi dan Sosialisasi Pencegahan Pandemi Covid-19

Minggu, 19 April 2020


KUNINGAN - Sejumlah petani di Desa Pamulihan Kecamatan Cipicung, Kabupaten Kuningan mendapat penyuluhan tentang pencegahan penyebaran covid 19. Tindakan tadi dilakukan Anggota DPRD Kuningan, Udin Kusnaedi.

“Terima kasih telah memberikan masker dan sejumlah anjuran pemerintah dalam pencegahan penyebaran virus corona,” ungkap Dalil Indra Permana kepala desa setempat, saat berada di lokasi, seperti dilansir Tribuncirebon. Sabtu (18/04/2020).

Masa pandemic covid-19 memang sangat berdampak terhadap berbagai aspek.
Termasuk terhadap lingkungan dan lahan pertanian yang menjadi aktivitas warga sekitar.

“Alhamdulillah untuk sirkulasi pendistribusian kebutuhan pertanian terbilang cukup. Namun kami selalu waspada dalam menjalani aktivatasi sebagai petani,” ujarnya.

Lahan bertani saat ini, kata dia dilakukan penanaman jenis sayur seperti kembang kol.

“Untuk proses penanaman, perawatan hingga biaya produksi tentu menjadi prioritas. Sebab sayuran kembang kol ini memang cukup menjanjikan bagi para petani seperti kami,” kata Dalil.

Masih di tempat sama, petugas pendamping pertanian yakni Indri Nurdiana mengatakan, pekerja tani untuk luas ratusan petak ini melibatkan sebanyak 8 buruh tani.

“Mereka merupakan tenaga pendukung dalam mengahasilkan di masa panen mendatang,” kata Indri.

Dia menyebutkan, biaya yang dibutuhkan dalam satu batang tanaman kembang kol, ini bisa menghabiskan sekira dua ribu rupiah dari masa penanaman hingga masa panen nanti,” ujanrya.

Melihat perkembangan tanaman kembang kol, kata dia, ini ditaksir akan memenuhui kebutuhan pasar di awal bulan puasa mendatang.

“Mengenai harga jual untuk kembag kol, cukup stabil dan biasanya di kisaran harga Rp 7000 an,” ungkapnya.

Melihat jumlah tanaman kembang kol sebanyak 15 ribu pohon, ditargetkan dapat menghasilkan sebanyak 10 ton.

Sementara itu, Anggota DPRD Kuningan yakni Udin Kusnedi sekaligus Ketua DPD PAN Kuningan ini menambahkan, kunjungan ke daerah pertanian seperti ini tentu menjadi agenda kerja pribadi.

“Terlebih berkaitan dengan masa pandemi covid-19, kami menyampaikan beberapa hal tentang pencegahan bahaya virus corona,” kata Udin.

Salah satunya, kata dia, memberikan masker  dan mendorong terhadap kaum tani sebagai pejuang pangan untuk tetap waspada.

“Juga selalu menjada kesehatan dengan perilaku hidup bersih,” ujar Udin yang juga petani sayur.

Sebagai harapan, kata Udin yang juga Ketua DPD PAN Kuningan mengatakan, kepada para petani untuk semangat sebagai pejuang pangan.

“Disana ada tim gugus percepatan penangan covid-19, disini juga sama ada pejuang pangan yang bisa memenuhui kebutuhan pangan di masyarakat,” ujarnya.

(Redaksi)

CLOSE
CLOSE